Bagasi Gratis di Pesawat

Travel bagBagasi gratis dari maskapai penerbangan diberikan kepada penumpang sebagai salah satu layanan dari airlines. Sebagian maskapai penerbangan memberikan fasilitas bagasi gratis namun tentunya dengan kebijakan dari maskapai penerbangan masing masing seperti jenis barang bagasi, berat bagasi serta ukuran bagasi. Bagasi gratis pesawat Garuda Indonesia bisa jadi berbeda dengan bagasi gratis pesawat Lion Air, begitu pula bagasi gratis pesawat Citilink juga bisa berbeda dengan bagasi gratis yang diberikan oleh maskapai penerbangan Sriwijaya atau maskapai penerbangan lainnya.

Bagasi adalah barang bawaan penumpang yang diperbolehkan dibawa kedalam pesawat terbang  untuk diangkut sesuai dengan tujuan penumpang yang membawa barang tersebut. Jika bagasi yang dibawa sudah melebihi berat bagasi gratis dari maskapai penerbangan, maka penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi. Sebagai bahan informasi dan acuan tentang bagasi gratis dari beberapa airlines, disini kami berikan informasi bagasi gratis berdasarkan masing masing maskapai penerbangan.

Bagasi Gratis Citilink

Setiap penumpang citilink mendapatkan bagasi gratis seberat 20 kg dan diperbolehkan membawa bagasi kabin tidak melebihi seberat 7 kg dan ukuran 50cm x 36cm x 15cm, jika bagasi tangan melebihi berat yang ditetapkan maka harus dimasukkan kedalam ruang bagasi pesawat. Bagasi gratis ini tidak diberikan untuk penumpang bayi.

Bagasi Gratis Garuda Indonesia

Garuda Indonesia mempunyai tiga kategori bagasi yaitu bagasi terperiksa, bagasi tidak terperiksa dan bagasi gabungan. Bagasi gratis untuk rute domestik penumpang dewasa dan anak anak seberat 30 kg (kelas bisnis) dan 20 kg (kelas ekonomi) serta penumpang bayi (infant) seberat 10 kg (kelas bisnis dan ekonomi). Selain itu, garuda indonesia memperbolehkan membawa bagasi berupa tas jinjing, bagasi untuk kabin dengan ketentuan panjang ukuran maksimun dari bagasi adalah panjang 56cm (22 inc), tinggi 45cm (18 inc) dan lebar 25cm (10 inc), volume dari panjang, tinggi dan lebar total tidak boleh melebihi 155cm atau beratnya melebih 7kg.

Untuk rute internasional, bagasi gratis garuda indonesia sama dengan rute domestik hanya untuk beberapa rute internasional tertentu dan jenis penumpang tertentu bagasi gratis garuda indonesia bisa mencapai 40 kg per penumpang.

Bagasi Gratis Lion Air

Lion Air memperbolehkan penumpangnya untuk membawa satu tas jinjing dengan ukuran maksimal 40cm x 30cm x 20cm dan berat maksimal 10 kg kedalam pesawat. Penumpang yang mempunyai tiket kelas bisnis memiliki bagasi gratis seberat 30 kg dan penumpang dengan tiket kelas ekonomi memiliki bagasi gratis seberat 20 kg. Untuk penumpang bayi jika tidak membeli kursi maka tidak memiliki bagasi gratis dari lion air.

Bagasi Gratis Sriwijaya Air
Bagasi tangan atau bagasi kabin sriwijaya air tidak boleh melebihi dari ukuran ukuran 81cm x 35cm x 25 cm. Sriwijaya air juga memperbolehkan penumpangnya membawa bagasi gratis seberat 20 kg kecuali untuk rute dari jakarta ke tanjung pinang yaitu seberat 15 kg.

Bagasi Gratis Air Asia

Untuk maskapai penerbangan batavia air, bagasi kabin atau tangan tidak boleh melebihi dari ukuran 81cm x 119cm x 119cm, bagasi gratis lainnya adalah seberat 15-30 kg untuk rute domestik dengan gabungan antara tas jinjing dan travelbag dan rute internasional singapura dan jeddah adalah 25-30 kg. Untuk penumpang bayi tidak mendapatkan bagasi gratis dari Air Asia.

Bagasi gratis maskapai penerbangan rata rata adalah 30 kg untuk rute internasional dan 20 kg untuk rute domestik, jika pada saat check in bagasi melebihi ketentuan dari maskapai penerbangan maka penumpang diharuskan membayar kelebihan bagasi sesuai peraturan dari airlines bersangkutan.

Barang-Barang Terlarang di bawa di dalam Bagasi Pesawat

A. Barang berbahaya bagi penumpang antara lain :

  1. Semua jenis senjata api, seperti: pistol, revolver, senapan, shotguns;
  2. Senjata Mainan, replika senjata dan senjata api tiruan yang dapat disalah gunakan untuk mengelabui sebagai senjata nyata;
  3. Komponen senjata api, termasuk teleskopis;
  4. Senjata yang menggunakan tekanan angin, seperti pistol angin, senapan pelet, senapan angin dan senapan pelontar bola,
  5. Pistol suar dan pistol starter,
  6. Busur, busur silang,
  7. Senjata tombak,
  8. Ketapel;

B.  Perangkat yang dirancang khusus untuk membuat pingsan/melumpuhkan antara lain:

  1. Perangkat untuk melumpuhkan, seperti: senjata bius, pistol setrum (tasers) dan peralatan setrum,
  2. Perangkat pelumpuh hewan (stunner) dan perangkat pembunuh hewan,
  3. Bahan kimia, gas dan semprotan yang dapat melumpuhkan, seperti: semprotan merica, semprotan Capsicum, gas air mata, semprotan asam dan semprotan pembasmi hewan;

C.  Objek dengan ujung atau sisi yang tajam yang mampu digunakan untuk menyebabkan cedera serius, antara lain:

  1. Kapak es dan pengait es,Item yang dirancang untuk memotong, seperti: kapak dan parang,
  2. Silet;
  3. Pisau lipat, pisau cutter;
  4. Pisau dengan panjang lebih dari 5 (lima) cm dari titik tumpu/pegangan;
  5. Gunting dengan panjang lebih dari 5 (lima) cm dari titik tumpu/pegangan;
  6. Peralatan seni bela diri dengan ujung atau sisi yang tajam;
  7. Pedang;
  8. Pembuka tutup botol.

D. Membawa Cairan / air putih terlalu banyak

  1. Air minum lebih dari 100 ml
  2. Sabun cair
  3. Perlengkapan baby yang cair
  4. dll yang berbahan air

Semoga informasi mengenai bawaan bagasi yang di ijinkan di bagasi pesawat bisa membantu bapak ibu sekalian. Terima Kasih

Categories: Airlines | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: