Kesalahan Nama di Tiket Pesawat

traveloka1Saat ini banyak aplikasi travel yang menjual layanan pembelian tiket pesawat dengan meminta customer untuk melakukan pemesanan dan transaksi sendiri langsung issued tanpa melalui booking sehingga tanggung jawab terhadap tiket terutama dalam penulisan “nama” yang dilakukan sendiri menjadi urusan pribadi, Padahal penulisan nama yang salah huruf dikarenakan karena pada saat melakukan pengisian nama menggunakan handphone menjadi hal yang sangat fatal hal ini tentunya melanggar aturan penerbangan komersial sehingga bisa berdampak kepada pembatalan tiket pesawat. kami sampaikan panduan pengisian nama di form yang ada.

Panduan pengisian nama penumpang pada saat booking tiket pesawat 

Jika melakukan proses booking dan pembelian tiket secara online sendiri, harap diperhatikan beberapa kondisi penulisan nama berikut:

  •  Pada waktu melakukan proses booking dan disaat kita diminta memberikan nama, berikanlah nama penumpang  sesuai dengan tanda pengenal (KTP), jangan memberikan nama panggilan atau panggilan kakak dan sebagainya.
  • Nama terdiri dari 3 suku kata, contoh Luly Edita Rahma  maka untuk Nama depan adalah Luly, nama tengah adalah Edita dan nama belakang adalah Rahma
  • Nama terdiri dari 2 suku kata, contoh Luly Edita maka untuk Nama depan adalah Luly, nama tengah dikosongkan saja dan nama belakang adalah Edita
  • Nama terdiri dari 1 suku kata, contoh Luly maka untuk Nama depan adalah Luly, nama tengah dikosongkan saja dan nama belakang disi dengan nama depan yaitu Luly

Kesalahan nama pada tiket pesawat akan terdeteksi jika pada saat check in dilakukan pemeriksaan tanda pengenal, pada saat itu akan ketahuan apakah penumpang benar benar menggunakan tiket pesawat atas namanya sendiri, salah huruf atau tidak, jika tidak ada pemeriksaan tanda pengenal (rute domestik), tiket atas nama orang lain pun bisa kita pakai tetapi sebaiknya jangan coba coba melakukan karena hanya akan merugikan diri sendiri. Kenapa merugikan diri sendiri? misalkan terjadi kecelakaan dan meninggal, maka orang orang yang menggunakan tiket bukan atas nama sendiri tidak akan terdaftar di data airlines, artinya jika penumpang tersebut meninggal maka tidak akan mendapatkan asuransi apa apa ditambah lagi statusnya menjadi orang hilang dikarenakan namanya tidak tercantum dalam penerbangan tersebut.

Biasanya timbul permintaan perubahan nama dikarenakan adanya penumpang yang tidak jadi berangkat, agar tiket tidak terbuang begitu saja barangkali diminta orang lain untuk memakai tiket tersebut. Apapun alasannya perubahan nama pada tiket ini tidak bisa dilakukan, jika ada nama lain maka harus melakukan booking dan pembelian tiket baru

Ada toleransi untuk kesalahan nama di tiket, namun tentunya kesalahan ini tidak fatal, artinya kesalahan ini hanya untuk 1 huruf pada nama tersebut saja, misalnya nama ditiket adalah Mrs Luly dan nama di KTP adalah Mrs Luli, kesalahan seperti ini biasanya masih mendapat toleransi oleh pihak airlines di counter check in. Untuk diketahui ini adalah toleransi kesalahan tulis bukan perubahan nama pada tiket kita.

Toleransi seperti diatas biasanya hanya untuk rute penerbangan domestik, sedangkan untuk rute penerbangan internasional harus benar benar sesuai dengan yang tertera di tanda pengenal atau passport dan jika berbeda sebaiknya hubungi airlines bersangkutan untuk solusinya.

Demikian informasi mengenai panduan penulisan nama di saat melakukan pembelian tiket online semoga membantu rekans semua dalam melakukan transaksi sehingga terhindar masalah kesalahan nama dalam tiket.

Categories: Airlines

Post navigation

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: