Wisata Lamongan

Peta Wisata Lamongan

Peta wisata Lamongan

Wisata Lamongan Jawa Timur termasuk lengkap dan menarik, karena punya keunggulan di empat kategori wisata, yaitu wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kuliner. Wisata alam Kabupaten Lamongan, yang terkenal adalah Wisata Bahari Lamongan. Ini bisa dimaklumi karena Kabupaten Lamongan di bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa. Pantai Lamongan adalah salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Wisata sejarah Lamongan yang populer ialah Monumen Van Der Wijck, yang dibangun sejak zaman Hindia Belanda, terletak di kantor pelabuhan Brondong. Bener, namanya Pelabuhan Brondong.

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan, biasa disingkat WBL, berpusat di wilayah Kecamatan Paciran. Ada beberapa wahana unggulan wisata alam ini, yaitu  Istana Bawah Laut, Istana Bajak Laut, Gua Insectarium, Anjungan Wali Songo, Rumah Kaca, Texas City, Tembak Ikan, Space Shuttle, dan Paus Dangdut. Komplet wahana untuk anak-anak, tema sains sampai untuk segala umur dan dewasa atau keluarga.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan terletak di jalur Pantura antara Tuban-Surabaya, di tempat yang dulu dikenal dengan Pantai Tanjung Kodok, jadi sudah ramai sejak awalnya. Selain Pantai, anda yang berkunjung ke wisata bahari Lamongan juga dengan mudah dan cepat akan mengunjungi destinasi pariwisata andalan Lamongan lainnya, yaitu Gua Maharani, Tanjung Kodok Resort, Makan Sunan Drajat dan Makam Sunan Sendang Duwur.

Goa Maharani

SONY DSC

Goa Maharani

Gua Maharani dekat dengan Wisata Bahari Lamongan, letaknya di kecamatan Paciran Lamongan. Goa Maharani juga sering disebut Goa Istana Maharani. Anda harus punya nyali untuk masuk ke dalamnya, karena dalamnya 25 meter dari permukaan tanah. Tapi tempatnya luas, ada sekitar 2500 meter persegi atau seperempat hektar.

Penemuan Goa Maharani bisa dikatakan tidak sengaja, seperti banyak penemuan goa lainnya di Indonesia. Penemuan Gua Maharani tercatat pada tanggal 6 Agustus 1992. Sejak saat itu pemerintah memperhatikan dan kemudian memperbaikinya. Lalu diresmikan menjadi situs wisata sejak 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan Muhammad Faried.

Waduk Gondang

waduk-gondang-lamongan

Waduk Gondang

Waduk Gondang adalah salah satu tujuan andalan orang Lamongan dan sekitarnya untuk piknik atau jalan-jalan. Seperti namanya, ini sebuah waduk alias tempat air yang buaanyaakk sekali. Letaknya sekitar 19 km arah barat Lamongan. Dari kota Lamongan, anda bisa memakai kendaraan umum atau pribadi. Sudah diresmikan sejak lama, sejak zaman Orde Baru, tepatnya oleh Bapak Soeharto tahun 1987.

Museum dan Makam Sunan Drajat

makam-Sunan-Drajad

Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat adalah tokoh penyebar agama Islam di Jawa Timur, terutama di sekitar Kabupaten Lamongan. Para ahli sejarah memperkirakan Sunan Drajat lahir pada tahun 1470 Masehi. Ia punya nama kecil Raden Qasim, dan setelah dewasa bergelar Raden Syarifudin. Ia adalah anak alias putraSunan Ampel, Walisongo paling terkenal di Jawa Timur, dan bersaudara dengan Sunan Bonang.

Setelah cukup umur, Sunan Drajat membangun pesantren Dalem Duwur di desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Tempat tersebut adalah tanah perdikan hadiah dari Sultan Demak. Sunan Drajat memperoleh gelar Sunan Mayang Madu dari Raden Patah pada tahun 1520.

Makam Sunan Drajat bisa dicapai dari Lamongan hanya dalam waktu setengah jam. Bila dari Surabaya, Anda bisa melewati Tuban lewat Jalan Daendels (Anyar-Panarukan).

Bupati Lamongan Mohamad Faried yang bertekad menyelamatkan warisan sejarah tersebut mempunyai inisiatif memperbaiki makam, museum dan masjid Sunan Drajat dengan lebih bagus. Semangatnya mendapat dukungan dari masyarakat dan Gubernur Jawa Timur saat itu, Basofi Sudirman. Sejak tahun 1992 hingga 1994 pemkab membangun situs bersejarah tersebut. Mereka berupaya menyelamatkan situs makam, cungkup sitinggil, renovasi pasehan, bale rante dan sebagainya. Dananya berasal dari APBD Pemkab dan APBD Jawa Timur, nilainya ratusan juta rupiah.  Peresmiannya secara bertahap dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman dan Menteri Penerangan RI antara tahun 1992 hingga 1994.

Monumen van Der Wijck

Wisata sejarah

Benteng Van Der Wijk

Anda tentu mengenal nama kapal Van Der Wijck, yang dipopulerkan oleh ulama sastrawan HAMKA, melalui novel masterpiecenya Tenggelamnya kapal van der Wijck. Hamka menulis cerita tersebut diilhamioleh kisah nyata alias based on true story, karena kapal van der Wijck benar-benar ada dan benar-benar tenggelam. Kapal tersebut tenggelam pada 28 Oktober 1936 di perairan Brondong, pesisir utara Pulau Jawa.

Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan sendang duwur

Makam Sunan Sendang Duwur

Sunan Sendang Duwur adalah tokoh penyebar agama Islam di Lamongan. Ia aslinya bernama Raden Noer Rahmad, dan merupakan putra Abdul Kohar Bin Malik Bin Sultan Abu Yazid. Ayahnya ini asli dari Baghdad atau lrak. Raden Nur Rahmad lahir pada tahun 1320 dan meninggal pada tahun 1585. Kedua tahun tersebut tertera pada dinding makam Sunan Sendang Duwur. Jadi usianya 265 TAHUN! Mungkinkah? Wallahu a’lam.

Sunan Sendang Duwur terkenal karena mampu memindahkan masjid dalam semalam dari Mantingan ke Bukit Amitunon, Sendang Duwur dan dikenal sebagai Masjid Sendang Duwur. Bangunan makam Sunan Sendang Duwur terletak nyaman di atas bukit Amitunon di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran Lamongan. Ini adalah makam berarsitektur paduan antara Islam dengan Hindu. Di bangunan ada gapura di bagian luar dengan bentuk mirip tugu Bentar di Bali, sedangkan gapura bagian dalam berbentuk paduraksa. Sedangkan di dinding penyangga cungkup makam dihiasi ornamen ukiran kayu jati yang artistik dan mengagumkan.

Tempat Penginapan

Bagi para travelling yang ingin berwisata di kota Lamongan dengan membutuhkan waktu yang cukup lama bisa menginap di Hotel yang terdekat tempat kawasan Wisata WBL. Goa Maharani yaitu Tanjung Kodok Resort dengan berbagi fasilitas yang lengkap.

Makanan Khas Lamongan

Setelah jalan-jalan keliling kota Lamongan belum lengkap kalau tidak menikmati makanan khas Lamongan yang terkenal dengan Soto Lamongan dan Tahu Campur Lamongan yang rasanya khas dan membuat ketagihan.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Kota Lamongan semoga bermanfaat | Sinar Tour Travel

Categories: Wisata Jawa Timur

Post navigation

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: